4 Poin ini Penting untuk Diperhatikan Saat Berencana Melakukan Traveling Seorang Diri

Travelling merupakan hobi berkelana ke satu tempat ke tempat lain, baik menikmati pemandangan, kuliner maupun mencari informasi mengenai keunikan suatu daerah. Namun, apakah Anda pernah melakukan perjalanan traveling sendirian tanpa ditemani seseorang yang Anda kenal? Kemungkinan bisa iya maupun tidak, tetapi Anda bisa mencoba transportasi umum sebagai sarana menikmati beragam wisata di suatu tempat contoh, Kota Yogyakarta dengan Trans Jogja-nya.


Melakukan solo traveling atau traveling sendirian memang membutuhkan persiapan ekstra. Tidak hanya persiapan mental dan perlengkapan, Anda juga harus tahu betul perihal alat transportasi yang nantinya akan digunakan. Agar memiliki gambaran, berikut ulasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menyiapkan rencana traveling sendirian.

1. Pilih jenis transportasi sesuai kebutuhan

Setiap negara maupun daerah memiliki ragam kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perjalanan. Tentunya, Anda ingin menikmati trip dengan harga terjangkau dengan keindahan maupun menikmati sajian kuliner yang ada di kota tujuan. 

Transportasi umum tentunya menjadi jawaban yang tepat untuk Anda, bukan? Apabila Anda bepergian ke Malioboro, sudah tidak asing peranan Trans Jogja sebagai sarana transportasi umum untuk membantu Anda berkeliling dari satu tempat ke tempat lain di kota wisata tersebut.

2. Lebih aman pergi di waktu siang hari

Perencanaan untuk melakukan kegiatan traveling seorang diri tentunya, membuat Anda lebih berhati-hati ketika berada di antara banyak orang. Namun, akan lebih baik jika Anda bepergian saat matahari masih berada di atas (siang hari). Kenapa demikian? Apabila Anda keluar sore maupun malam hari dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Entah hujan atau macet. 

3. Duduk dengan penumpang lainnya

Apabila Anda memutuskan menggunakan transportasi umum saat bepergian, baik dengan kereta maupun bus. Maka penting bagi Anda untuk tetap dekat dengan penumpang lainnya. Kenapa? Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan seperti pencurian maupun penculikan. Hal ini bukanlah hal sepele dan Anda harus berhati-hati selama sendirian. 

4. Kenakan pakaian sewajarnya

Kenakan pakaian yang tidak membuat orang lain terasa terganggu atau malah menganggap Anda terlihat sangat mencolok. Hal ini dapat mengundang para pelaku kejahatan mengintai keberadaan Anda. Selain itu, simpan barang berharga di tempat yang aman. Hal ini penting karena setiap daerah memiliki potensi kriminalitas yang tidak sama. 

Selain 4 poin di atas, usai traveling nanti usahakan untuk tidak pulang terlalu malam. Hal ini perlu Anda lakukan, mengingat kondisi malam hari sangat riskan terjadinya kasus kejahatan. Jadi pintarlah mengatur waktu traveling agar Anda bisa mengunjungi tempat tujuan dan pulang tepat waktu. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label