Cara Efektif Mengelola Keuangan Agar Gaji Bulanan Cukup Untuk Kebutuhan

Mengelola uang bulanan memang susah-susah gampang. Tidak hanya memperhitungkan tiap pemasukan dan pengeluaran, mengelola keuangan juga harus mengupayakan agar keduanya seimbang. Berikut adalah cara mengatur keuangan yang efektif agar tidak besar pasak daripada tiang.


Cara Mengelola Keuangan

1. Mengatur gaji dengan prinsip 50-20-30

Maksud dari gaji 50-20-30 adalah mengalokasikan 50% gaji yang Anda setiap bulannya untuk biaya sehari-hari seperti makan, listrik, air, transportasi, sewa rumah. Selanjutnya sebesar 20% digunakan untuk tabungan dan investasi. Anda perlu menyiapkan uang untuk biaya darurat atau mendadak.

Sisanya sebesar 30% bisa Anda gunakan untuk hiburan misal liburan, belanja baju, atau membeli barang yang diinginkan. Apabila menurut Anda dana untuk hiburan terlalu besar, Anda dapat mengurangi sesuai kebutuhan Anda dan mengalokasikannya ke tabungan. Hal ini merupakan cara mengatur keuangan yang umum dilakukan oleh masyarakat.

2. Bayangkan Anda saat usia 80 tahun

Jika saat ini Anda memang masih berada pada usia yang produktif yaitu usia 20-40 tahun, bayangkan Anda saat usia 80 tahun ke atas nantinya. Tentu saja Anda ingin pada usia 80 tahun nanti, Anda tinggal menikmati hasil kerja keras Anda semasa muda bukan masih sibuk bekerja mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Hal ini dapat Anda jadikan motivasi untuk bekerja keras memperoleh kesuksesan di masa muda dan memiliki bekal atau tabungan dimasa tua nanti. Betapa indahnya hidup Anda jika pada usia tua nanti telah memiliki rumah dan kendaraan serta anak-anak yang berpendidikan tinggi dan bekerja dengan mapan.

3. Manfaatkan asuransi sebaik mungkin

Saat ini banyak asuransi jiwa yang menawarkan pilihan percepatan manfaat. Pilihan tersebut memiliki jaminan kematian yang dapat dibayarkan saat pemegang asuransi masih hidup. Anda dapat mengajukan klaim untuk pengobatan sakit. Kemudian setelahnya pihak asuransi akan mengurangi manfaat kematian dengan uang yang sudah diklaim. 

Sisanya akan dibayarkan saat Anda meninggal nantinya sebagai pengganti aliran pendapatan untuk pasangan atau ahli waris. Dengan adanya asuransi jika sewaktu-waktu Anda sakit, Anda tidak perlu mengambil uang tabungan Anda. Melainkan bisa mengklaim asuransi yang Anda miliki.

4. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah bijak dalam menggunakan kartu kredit. Bijak bukan berarti harus menutup kartu kredit Anda. Tetapi Anda perlu strategi atau siasat agar tagihan yang akan Anda bayarkan tidak membengkak. Seluruh aktivitas kredit Anda akan direkam aplikasi keuangan dalam skor kredit baik usia kartu kredit dan ketepatan membayar cicilan. 

Sangat disayangkan apabila Anda menutup kartu kredit Anda karena dapat merusak skor kreditnya. Jika kartu kredit Anda menganggur padahal memiliki usia yang lama dan limit yang layak, jangan tutup kartu kredit tersebut. Cukup dibiarkan saja, karena dapat Anda pakai untuk keperluan mendadak.

Cara mengatur keuangan memang terlihat mudah. Akan tetapi pada praktiknya tidak semudah itu. Selalu ada saja keperluan mendadak yang membutuhkan uang ekstra. Jika ingin berhemat, Anda juga harus berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak boros.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini